Selasa, 09 Agustus 2011

proposal pola asuh


ABSTRAK


Sibling rivalry adalah perasaan cemburu dan benci yang biasanya dialami oleh seorang anak terhadap kelahiran/kehadiran saudara kandungnya. Terjadinya cemburu pada anak bukan hanya kesalahan anak melainkan juga kesalahan orang yang tinggal disekitar anak. Banyak orang tua yang tanpa sadar telah menempatkan salah satu anak sebagai yang dikalahkan untuk melerai suatu perkelahian antar saudara. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun dengan jarak kelahiran kurang dari 3 tahun di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan metode cross sectional. Populasinya adalah ibu yang mempunyai anak usia 3-5 tahun dengan jarak kelahiran kurang dari 3 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan dikumpulkan menggunakan kuesioner pada tanggal 7-8 Juni 2010. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan tabulasi silang, kemudian dianalisis dengan uji statistik Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 57 responden diperoleh 41 (71.9%) responden menerapkan pola asuh autoritatif dan 16 (28.1%) responden menerapkan pola asuh otoriter. Dari orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter diperoleh 14 anak (24.6%) mengalami kejadian sibling rivalry dan 2 (3.5%) anak tidak mengalami kejadian sibling rivalry. Setelah dilakukan uji statistik chi-Square dengan α (0.05) didapatkan nilai ρ=0.000. Karena nilai ρ < α, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun.
Pola asuh yang diterapkan orang tua sangat erat hubungannya dengan kepribadian pada anak. Orang tua yang salah menerapkan pola asuh akan membawa akibat buruk bagi perkembangan jiwa anak. Untuk itu, orang tua hendaknya dapat memilih pola asuh yang tepat dan menerima segala kekurangan anak agar anak-anak yang diasuhnya dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang baik.


Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Sibling Rivalry




















ABSTRACT


Sibling rivalry is the jealousy and hatred which are usually experienced by a child against birth / presence of siblings. The occurrence of jealousy in children is not only wrong but also the fault of the children living near children. Many parents unwittingly been placed as one of the children who were defeated for breaking up a fight between brothers. Therefore, this research is conducted to find out ways to teach parents relationship with the emergence of sibling rivalry on the incidence of children aged 3-5 years with a spacing of less than three years in the Village District Wotgalih Yosowilangun Lumajang.
Type of research is cross sectional analytic method. The population is mothers who have children aged 3-5 years with a spacing of less than three years. The sampling technique using total sampling. The data used are primary data and were collected using a questionnaire on 7-8 June 2010. Data presented in the form of frequency distribution and cross tabulation, and then analyzed by Chi-Square.
Results showed that 57 respondents obtained from 41 (71.9%) of respondents applying authoritative parenting and 16 (28.1%) of respondents adopted an authoritarian upbringing. Of the parents who adopted an authoritarian upbringing obtained 14 children (24.6%) experienced sibling rivalry and the second event (3.5%) children not having sibling rivalry incident. After using the chi-square statistical test with α (0.05) showed the value of ρ = 0000. Because the value of ρ <α, then H0 refused and H1 accepted which means there are ways to teach parents relationship with the emergence of sibling rivalry incidence in children aged 3-5 years.
The pattern applied to foster parents who are closely related to personality in children. Parents of one adopted child care will bring evil consequences for mental development of children. Therefore, parents should be choosing the right upbringing and lack of children in order to receive all children can grow and flourish fosterage become good personal.


Keywords: Pattern Foster Parent, sibling Rivalry

 












DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ................................................................................        i
HALAMAN JUDUL DALAM.................................................................        ii
LEMBAR PENGESAHAN......................................................................        iii
LEMBAR PENETAPAN TIM PENGUJI ............................................        iv
LEMBAR PERSETUJUAN ...................................................................        v
MOTTO......................................................................................................        vi
HALAMAN PERSEMBAHAN...............................................................        vii
KATA PENGANTAR ..............................................................................        viii
ABSTRAK..................................................................................................        x
ABSTRACT...............................................................................................        xi
DAFTAR ISI .............................................................................................        xii
DAFTAR TABEL ....................................................................................        xiv
DAFTAR GAMBAR ................................................................................        xv
DAFTAR LAMPIRAN ............................................................................        xvi
BAB 1   PENDAHULUAN ......................................................................        1
A.    Latar Belakang ......................................................................        1
B.     Pembatasan dan Rumusan Masalah .......................................        4
C.     Tujuan Penelitian ...................................................................        4
1.      Tujuan Umum...................................................................        4    
2.      Tujuan Khusus..................................................................        4
D.    Manfaat Penelitian..................................................................        5
               
BAB 2   TINJAUAN PUSTAKA ............................................................        6
A.    Landasan  Teori......................................................................        6
1.  Konsep Pola Asuh.............................................................        6
2.  Konsep Sibling Rivalry .....................................................        12
3.  Konsep Anak.....................................................................        23
B.     Kerangka Konseptual.............................................................        29
               
BAB 3   METODE PENELITIAN ..........................................................        30
A.    Jenis dan Rancang Bangun Penelitian ...................................        30
B.     Framework..............................................................................        30
C.     Hipotesis Penelitian ...............................................................        31
D.    Variabel..................................................................................        31
1.      Jenis Variabel....................................................................        31
2.      Definisi Operasional ........................................................        31
E.     Populasi..................................................................................        32
F.      Sampel ...................................................................................        32
G.    Lokasi dan Waktu Penelitian .................................................        33
H.    Teknik dan Instrument Pengumpulan Data............................        33
I.       Teknik Pengolahan Data dan Analisis Data ..........................        34
J.       Etika Penelitian ......................................................................        36

BAB 4    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.......................        38
A.    Hasil Penelitian.......................................................................        38
B.    Pembahasan............................................................................        41

BAB 5    SIMPULAN DAN SARAN.......................................................        47
A.    SIMPULAN...........................................................................        47
B.    SARAN..................................................................................        47

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN








DAFTAR TABEL


No.                                         Judul Tabel                                                Halaman

3.1... Definisi Operasional hubungan pola asuh orang tua dengan  munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun...........................................                    31
4.1... Distribusi frekuensi karakteristik responden berdasarkan pendidikan orang tua di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang pada tanggal 7-8 Juni 2010         .............................................................................................. 39
4.2 .. Distribusi frekuensi karakteristik responden berdasarkan pola asuh orang tua di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang pada tanggal 7-8 Juni 2010         .............................................................................................. 39
4.3 .. Distribusi frekuensi karakteristik responden berdasarkan munculnya kejadian sibling rivalry di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang pada tanggal 7-8 Juni 2010......................................................................................                    40
4.4 .. Tabulasi silang antara pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalrt pada anak usia 3-5 tahun di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang pada tanggal 7-8 Juni 2010............................................................                    40
......








DAFTAR GAMBAR

No.                                         Judul Gambar                                            Halaman
2.1        Kerangka konsep hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry  29..........................................................................................                   
3.1... Framework penelitian hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun...........................................                    30



































DAFTAR LAMPIRAN


No.                                         Judul Lampiran                    
                                               
1.                       Surat ijin studi pendahuluan
2.                       Surat balasan studi pendahuluan
3.                       Surat ijin penelitian
4.                       Surat balasan penelitian
5.                       Lembar permohonan menjadi responden
6.                       Lembar persetujuan menjadi responden
7.                       Lembar kuesioner
8.                       Rekapitulasi data umum
9.                       Rekapitulasi data khusus
10.                   Tabulasi hasil penelitian
11.                   Uji Chi-Square
12.                   Jadwal Karya Tulis Ilmiah
13.                   Lembar bimbingan Karya Tulis Ilmiah
14.                   Daftar hadir seminar Proposal








BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Cemburu merupakan emosi yang biasa ditemukan dan alami terjadi pada anak-anak. Cemburu pertama kali terlihat ketika seorang anak mempunyai adik baru. Kecemburuan  ini dikenal sebagai persaingan antar saudara kandung (Thompson, 2003). Persaingan antar saudara kandung (sibling rivalry) adalah perasaan cemburu dan benci yang biasanya dialami oleh seorang anak terhadap kelahiran/kehadiran saudara kandungnya. Sibling rivalry menjadi fenomena tersendiri, karena sejatinya kita adalah mahkluk sosial yang menuntut manusia hidup berkelompok dan bermasyarakat. Meskipun ruang lingkupnya kecil, keluarga adalah kumpulan orang, persaingan antara saudara kandung otomatis tidak bisa di hindarkan, baik positif ataupun negatif (Yuni, 2010).
Menurut Ronald S Illingworth (1997), perselisihan, pertengkaran, perkelahian atau sekedar adu mulut merupakan hal biasa, hal ini muncul sejak anak usia 12 bulan atau 1 tahun. Namun hal ini tidak bisa dibiarkan sampai berlarut-larut selain akan mengganggu perkembangan, kepribadian dan psikologis anak, anak juga akan memiliki konsep diri yang buruk dalam bersosialisasi (Anon, 2010).
Sibling rivalry dialami oleh seorang anak  merupakan akibat dari persepsi anak terhadap sikap orangtua yang mungkin tidak sama dengan yang dimaksud oleh orang tua. Orang tua berbagi perhatian kepada adik/saudara kandung yang lain yang sedang sakit, dipersepsikan oleh anak sebagai perhatian yang berlebihan. Perasaan cemburu menjadi perasaan terancam. Menganggap adik/saudaranya sebagai penyebab hilangnya kenikmatan yang selama ini dinikmati. Waktu ibu dihabiskan untuk merawat dan  mengasuh adik/saudaranya, oleh-oleh dari ibu-ayah harus dibagi dengan adik/saudaranya, mainan harus dipakai bergantian, semuanya harus dibagi termasuk harus berbagi ibu. Namun rasa cemburu kakak pada adiknya bukanlah semata-mata kesalahan anak, tapi orang-orang dewasa disekitarnya yang tidak mempersiapkan anak untuk saling berbagi dengan adik barunya.
Sibling rivalry biasanya  muncul ketika selisih usia saudara kandung terlalu dekat. Hal ini terjadi karena kehadiran adik dianggap menyita waktu dan perhatian terlalu banyak. Jarak usia yang lazim  memicu munculnya sibling rivalry adalah jarak usia antara 1-3 tahun dan muncul pada usia 3-5 tahun kemudian muncul kembali pada usia 8 – 12 tahun (Setiawati, 2008).
Peneliti belum menemukan adanya hasil penelitian-penelitian yang menyebutkan besarnya angka kejadian sibling rivalry secara pasti tetapi dalam situs di internet menyebutkan: di Negara barat 82% dari beberapa keluarga, anak-anaknya mengalami sibling rivalry (Puspha, 2008). Menurut shofiana (2008) seorang psikolog memperoleh data dari dua tempat yang diteliti, di Pekalongan diperoleh 68,5% anak mengalami sibling rivalry dari 80 anak (Shofiana, 2008). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ulfah Darajad (2006) di Kelurahan Sumbersari Malang diperoleh data dari 25 responden yaitu 18 orang responden  menyatakan tidak terjadi sibling rivalry dengan jumlah prosentase 72%, dan 7 orang responden menyatakan terjadi sibling rivalry dengan jumlah prosentase 28%.
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, pada tanggal 24-26 April 2010, didapatkan 7 dari 10 orang tua yang mempunyai anak usia 3-5 tahun dengan jarak kelahiran kurang dari 3 tahun mengatasi masalah sibling rivalry dengan cara yang salah. Orang tua tanpa sadar menempatkan salah satu anak sebagai yang dikalahkan atau yang dimenangkan untuk melerai perkelahian dalam ajang perebutan.
Rasa cemburu/persaingan antar saudara kandung dapat menimbulkan kemunduran tingkah laku ke tahap sebelumnya yaitu dengan mengompol di celana, antisosial, cari perhatian dengan sengaja bertingkah nakal, melawan orang tua, dan menjadi cengeng (Thompson, 2003). Apabila rasa cemburu pada diri anak muncul, orang tua sebaiknya memberi contoh yang baik dan selalu meluangkan waktu untuk anak-anaknya. Kasih sayang, permintaan yang wajar, penilaian yang jujur pada anak akan membantunya mencapai kepercayaan kepada dirinya. Dengan memberi terlalu banyak perhatian dapat merubahnya menjadi anak temperamental, memanjakan anak yang merasa tidak empati dengan orang lain dan tidak mampu membuat keputusan yang  sesuai dengan hatinya. Disisi lain jika orang tua tersebut terlalu ketat, anak akan takut terhadap orang tuanya. Dengan mengabaikan anak akan menyebabkan dia menjadi dingin, tidak bersahabat, dan akan menjadi anak yang tidak merasa aman terhadap dirinya (Fung, 2003).
Berdasarkan latar belakang diatas dapat diangkat masalah apakah ada hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun di Lumajang.
B.     Pembatasan dan Rumusan Masalah
1.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti membatasi masalah pada hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun dengan jarak kelahiran kurang dari 3 tahun di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.
2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut “Apakah ada hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang?”.
C.    Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
Mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang tahun 2010.
2.      Tujuan Khusus
a.       Mengidentifikasi pola asuh orang tua anak usia 3-5 tahun di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.
b.      Mengidentifikasi  kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.
c.       Menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dengan munculnya kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.
D.    Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
a.       Bagi Institusi Pendidikan
Selain sebagai bahan tambahan dokumentasi di institusi dan sebagai dokumentasi ilmiah, diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran dan sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Orang tua
Melalui penelitian ini diharapkan orang tua bisa mengantisipasi timbulnya sibling rivalry pada diri anak dengan tidak selalu membandingkan, memihak, memberikan harapan yang berlebih antara anak pertama dengan anak yang kedua, dan tetap selalu berusaha untuk menciptakan persaingan yang sehat dan positif pada diri anak.
b.      Bagi Peneliti
Menambah pengetahuan, wawasan dan sebagai pengalaman nyata bagi penulis dalam melaksanakan penelitian, dan sebagai pengembangan serta penerapan ilmu yang telah didapatkan selama di bangku kuliah.


BAB 2
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Landasan Teori
1.      Konsep Pola Asuh
a.       Pengertian Pola Asuh
Pola asuh adalah cara orang tua mendidik anak dan membesarkan anak yang dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor budaya, agama, kebiasaan dan kepercayaan serta kepribadian orang tua baik orang tua sendiri atau orang yang mengasuh anak (Markum, 2002).
Pola asuh orang tua terhadap anak pada dasarnya adalah mempertahankan kehidupan fisik anak dan meningkatkan kesehatannya, memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan sejalan dengan tahap perkembangannya dan mendorong peningkatan kemampuan berperilaku sesuai dengan nilai agama dan budaya yang diyakininya (Yupi S, 2004).
Sedangkan menurut Huxley (2002) menyatakan bahwa pola asuh merupakan cara dimana orang tua menyampaikan / menetapkan kepercayaan mereka tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik atau buruk. Sementara itu Gunarsa (1995) menyatakan bahwa pola asuh merupakan cara orang tua bertindak sebagai orang tua terhadap anak-anaknya dimana mereka melakukan serangkaian usaha aktif  (Rahmawati, 2006).
Berdasarkan uraian diatas dapat dikatakan bahwa pola asuh adalah proses yang mempengaruhi seseorang, dimana orang tua menanamkan nilai-nilai yang dipercayai kepada anak dalam bentuk interaksi yang meliputi kepemimpinan, pengasuhan, mendidik, membimbing dan melindungi anak.
b.      Macam-macam Pola Asuh
Salah satu aspek penting dalam hubungan orang tua dan anak adalah gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua. Studi klasik tentang hubungan orang tua dan anak yang dilakukan oleh Diana Baumrind, 1972 (dalam Lerner dan Hultsch, 1983) merekomendasikan empat pola asuh yaitu:
1)      Pola asuh otoritatif (Authoritative parenting)
Adalah salah satu gaya pengasuhan yang memperlihatkan pengawasan ekstra ketat terhadap tingkah laku anak-anak, tetapi mereka juga bersikap responsive, menghargai dan menghormati pemikiran, perasaan serta mengikutsertakan anak dalam pengambilan keputusan. Pada umumnya pola pengasuhan ini diterapkan oleh orang tua yang menerima kehadiran anak dengan sepenuh hati serta memiliki pandangan atau wawasan kehidupan masa depan dengan jelas.
Anak-anak dari orang tua yang otoritatif cenderung lebih percaya pada diri sendiri, pengawasan diri sendiri dan mampu bergaul baik dengan teman-teman sebayanya. Pengasuhan otoritatif juga diasosiasikan dengan rasa harga diri yang tinggi
(high self-esteem), memiliki moral yang standar, kematangan psikososial, kemandirian, sukses dalam belajar, dan bertanggung jawab secara sosial.
2)      Pola asuh otoriter (authoritarian parenting)
Adalah suatu gaya pengasuhan yang membatasi dan menuntut anak untuk mengikuti perintah-perintah orang tua. Orang tua yang otoriter menetapkan batas-batas yang tegas dan tidak memberi peluang yang besar untuk anak-anak untuk mengemukakan pendapat. Orang otoriter juga cenderung bersikap sewenang-wenang dan tidak demokratis dalam membuat keputusan, memaksakan peran-peran atau pandangan-pandangan kepada anak atas dasar kemampuan dan kekuasaan sendiri, serta kurang menghargai pemikiran dan perasaan meraka. Anak dari orang tua otoriter cenderung bersifat curiga pada orang lain dan merasa tidak bahagia dengan dirinya sendiri, merasa canggung berhubungan dengan teman sebaya, canggung menyesuaikan diri pada awal masuk sekolah dan memiliki prestasi belajar yang rendah dibandingkan dengan anak-anak yang lain.
3)      Pola asuh Pemanja (permissive indulgent)
Yaitu suatu gaya pengasuhan dimana orang tua sangat terlibat dalam kehidupan anak, tetapi menetapkan sedikit batas atau kendali atas mereka. Pengasuhan ini diasosiasikan dengan kurangnya kemampuan pengendalian diri anak, karena orang tua yang permissive indulgent cenderung membiarkan anak-anak mereka melakukan apa saja yang mereka inginkan, dan akibatnya anak-anak tidak pernah belajar mengendalikan perilaku mereka sendiri dan selalu mengharapkan agar semua kemauannya dituruti.
4)      Pola asuh penelantar (permissive indifferent)
Yaitu suatu gaya pengasuhan dimana orang tua sangat tidak terlibat dalam kehidupan anak. Anak dibiarkan berkembang sendiri. Pola pengasuhan ini pada umumnya diterapkan oleh orang tua yang sebenarnya menolak kehadiran anak dengan berbagai macam alasan dan orang tua yang akan lebih memprioritaskan kepentingannya sendiri daripada kepentingan anak (Desmita, 2005).
Dalam usaha mendidik anak harus diperhatikan pula adanya peran aktif dari segi anak itu sendiri. Anak lebih diperlakukan sebagai pribadi anak yang aktif yang perlu dirangsang (stimulasi) untuk menghadapi dan  mengatasi masalah. Melalui interaksi dan komunikasi antara orang tua dan anak, maka akan berkembang berbagai aspek kepribadian anak termasuk aspek kesadaran terhadap tanggung jawab.
Agar hubungan antara anggota keluarga dapat terbina dan terpelihara dengan baik, pola asuh orang tua sangat penting untuk menjalankan fungsinya sebagai “ Top Manajemen “. Hubungan dalam keluarga adalah pergaulan atau komunikasi yang terjadi didalam suatu keluarga. Jalinan hubungan yang akrab, mesra dan harmonis antara ayah, ibu, anak, serta anggota yang lain sesuai dengan fungsi yang harus dijalankan yang dibatasi dengan norma-norma tertentu, sesuai dengan kedudukan atau fungsi masing-masing anggota didalam keluarga (Suherman, 2000).
c.       Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua
1)      Faktor internal
a)      Latar belakang keluarga orang tua
Orang tua biasanya akan menerapkan pola asuh yang sama dengan pola asuh yang dipergunakan oleh orang tua atau keluarga besar mereka. Misalnya, suku Padang menganut sistem Matriarki, sedangkan suku Jawa menganut sistem Patriarki. Bisa juga, orangtua menganggap bahwa pola asuh orangtua mereka yang terbaik, maka ketika mempunyai anak mereka kembali memakai pola asuh yang mereka terima. Sebaliknya bila mereka menganggap bahwa pola asuh orangtua mereka dahulu salah, biasanya mereka memakai pola yang berbeda. Misalnya kalau dulu mereka menerima pola asuh yang otoriter dari orangtua mereka, sekarang mereka menggunakan pola yang demokratis atau permisif terhadap anak-anaknya.
b)      Usia orang tua
Usia dari orangtua dan anak juga bisa mempengaruhi orangtua dalam memilih suatu bentuk pola asuh bagi anaknya. Orangtua yang usianya masih muda cenderung untuk memilih pola sosialisasi yang demokratis atau permisif dibanding dengan mereka yang sudah lanjut usia.
c)      Pendidikan dan wawasan orang tua
Tinggi rendahnya jenjang pendidikan yang dikecap orangtua juga menentukan pola asuh dalam sebuah keluarga. Semakin tinggi dan maju pendidikan orangtua, biasanya semakin baik pula keputusan mereka dalam menerapkan suatu pola asuh pada anak-anaknya.
d)     Jenis kelamin orang tua dan anak
Jenis kelamin orangtua dan anak, sedikit banyak, juga harus diperhatikan orangtua dalam menerapkan pola asuh. Pada umumnya wanita lebih mengerti tentang anak, oleh karenanya lebih demokratis terhadap anaknya dibandingkan dengan  orangtua laki-laki.
2)      Faktor eksternal
a)      Tradisi yang berlaku dalam lingkungan
Banyak orang tua yang menerapkan pola asuh yang sama dengan tradisi yang ada di lingkungannya. Hal ini dikarenakan mereka beranggapan bahwa tradisi yang berlaku di lingkungannya dianggap paling baik oleh masyarakat di sekitarnya. Pilihan ini terutama dilakukan oleh orangtua yang usianya masih muda dan kurang pengalaman. Mereka lebih dipengaruhi oleh apa yang dianggap baik oleh masyarakat di sekitarnya daripada oleh keyakinannya sendiri.


b)      Sosial ekonomi
Status sosial ekonomi juga mempengaruhi orangtua dalam menggunakan pola sosialisasi mereka bagi anak-anaknya. Jika orangtua adalah orang yang terpandang di suatu lingkungan, maka biasanya orangtua akan menerapkan pola otoriter karena ingin anak-anaknya menurut padanya, sehingga pandangan orang lain pada orangtuanya tetap baik (arried, 2009).

2.      Konsep Sibling Rivalry
a.       Pengertian Sibling Rivalry
Sibling rivalry atau persaingan antar saudara kandung yaitu perasaan cemburu dan benci yang biasa dialami oleh seorang anak terhadap kehadiran/kelahiran saudara kandungnya. Perasaan itu timbul bukan karena benci terhadap saudara barunya, tetapi lebih pada perubahan situasi/kondisi (Nursalam dkk, 2008).
Sibling rivalry adalah persaingan antara saudara kandung dalam memperebutkan perhatian dan kasih sayang orangtua (Tantri, 2009).
Sibling rivalry adalah pertengkaran antar saudara yang kerap didasari oleh rasa bersaing, biasa diwarnai oleh rasa permusuhan dan iri. Persaingan akan lebih sering ditemui pada saudara kandung yang usianya tidak terpaut jauh, sekitar satu atau dua tahun. Ditambah lagi bila mereka memiliki jenis kelamin yang sama (Musbikin, 2005).
Sibling rivalry adalah kompetisi antara saudara kandung untuk mendapatkan cinta kasih, afeksi dan perhatian dari satu kedua orang tuanya, atau untuk mendapatkan pengakuan atau suatu yang lebih (Lusa, 2010).

1 komentar: